kalau bisa import kenapa harus swasembada ???

Kamis, 28 Januari 2016


Indonesia punya Kualitas, potensi dan segala macam yang di butuhkan untuk BERDIKARI, tapi kenapa seolah-olah di buat belum bisa atau belum sanggup dan lebih mengutamakan EKSPORT dari pada mandiri dan swasembada.
berbagai macam persepsi muncul terkait hal tersebut, utamanya hal mengenai memperkaya diri atau golongan dari pihak terkait yang melakukan import.

Berdikari dalam bidang ekonomi. Masih banyak rakyat Indonesia yang hingga hari ini hidup di bawah garis kemiskinan. Pembangunan yang tidak merata, terlebih di daerah perbatasan. Dominasi penguasaan sumber daya alam yang memiliki nilai ekonomi yang strategis oleh asing, juga kesenjangan kemakmuran yang hanya dinikmati oleh segelintir orang. Berkedaulatan secara ekonomi, sekali lagi solusinya adalah keberanian pemimpin ini untuk bersikap tegas. Segera nasionalisasi aset negara dan tinjau ulang kontrak pada sumber daya yang bernilai strategis. ( konsep berdikari Ir. Seokarno ) ( dikutip dari : http://www.soekarno.net/id/berdikari-kemandirian-bangsa-ala-bung-karno/)

Berikut import2 yang seharusnya bisa tidak di import :

 

# IMPORT GULA

Impor Gula Salahi Prosedur

Terkait dengan rencana pemerintah untuk melakukan impor sebanyak 200.000 ton gula, Arum menilai itu adalah untuk kepentingan konsumsi dengan mendatangkan gula mentah dan diproses di dalam negeri.
“Setahu saya itu dikaitkan dengan kemungkinan untuk proses di pabrik gula rafinasi. Tapi yang saya tahu itu, sebenarnya masih memungkinkan impor langsung white sugar (gula putih), dan skema apapun memang memungkinkan, tapi yang jelas harus berdasarkan kebutuhan dalam negeri,” ucapnya.

Petani Tebu: Indonesia Bisa Swasembada Gula
"Kami yakin Indonesia bisa swasembada bahkan bisa melakukan ekspor gula ke depannya karena potensi yang dimiliki oleh negara ini yang besar dengan lahan dan cuacanya yang mendukung," kata Ketua APTRI Arum Sabil di Kompleks Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (27/1).
"Jika itu semua serius dilakukan pemerintah untuk mendorong petani, kita bisa swasembada pangan bahkan ekspor karena kita bisa produksi 7,5 juta ton sedangkan kebutuhan nasional kita berada di 4,7 juta ton per tahun," katanya.

# IMPORT BERAS

Negara Pengimpor Beras Terbesar di Dunia, RI Posisi Berapa?

10. Malaysia : Total volume impor: 1 juta ton
9. Senegal : Total volume impor: 1,1 juta ton
8. Irak : Total volume impor: 1,2 juta ton
7. Uni Eropa : Total volume impor: 1,5 juta ton
6. Saudi Arabia : Total volume impor : 1,5 juta ton
5. Indonesia : Total volume impor: 1,6 juta ton
4. Iran : Total volume impor: 1,6 juta ton
3. Filipina : Total volume impor: 1,8 juta ton
2. Nigeria : Total volume impor: 3,0 juta ton
1. China : Total volume impor: 4,7 juta ton

Swasembada Pangan 2017, Mungkinkah?

Pemerintah harus segera merealisasikan food estate (lumbung pangan) melalui BUMN-BUMN yang terkait. Langkah ini menjadi wujud nyata turun tangannya negara dalam penguasaan dan pengelolaan sumber daya dan komoditas yang berkaitan langsung dengan hajat hidup orang banyak. Food estate ini sedang dibangun di Merauke (Papua) dengan alasan karena potensi lahannya yang sangat besar. Sejak era kolonialisme Belanda, Merauke sudah diproyeksikan menjadi lumbung pangan, bukan hanya untuk Nusantara tapi juga untuk kawasan Pasifik.
Lumbung pangan (food estate) ini, menurut Jokowi, bisa menghasilkan beras dengan jumlah besar, setara dengan seluruh produksi beras Indonesia saat ini, bila pembangunannya berhasil terealisasi seluruhnya. Dengan mekanisme pertanian modern, lumbung pangan di Merauke bisa memiliki produktivitas lahan yang tinggi di atas rata-rata nasional. Rata-rata produktivitas tanaman padi saat ini adalah 5,1 ton/Ha. Diharapkan produktivitas di Merauke ini mencapai 7 juta ton/Ha. Dengan perhitungan tersebut, maka 1,2 juta Ha lahan dapat mengasilkan 24 juta ton gabah kering giling (GKG), setara dengan sepertiga produksi beras Indonesia saat ini (70 juta ton GKG). Jika 1,2 juta Ha dikali 7 juta ton/Ha maka dihasilkan 8 juta ton, dikali 3 kali panen dalam setahun menjadi 24 juta ton per tahun.

# IMPORT LISTRIK


IMPOR LISTRIK, BUKTI KETAHANAN ENERGI JOKOWI HANYA MIMPI
"Impor listrik dari Malaysia semakin menunjukan Indonesia saat ini sebagai negara darurat energi karena tidak mampu memberikan pasokan listrik ke daerah," kata Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman dalam keterangannya, Jumat (22/1).
Dia mengatakan sangat memalukan Indonesia sebagai negara yang besar harus melakukan impor listrik dari Malaysia. Bahkan pemerintah juga mengimpor beras, ikan garam dan yang lainnya.
Selengkapnya : http://rmol.co/read/2016/01/22/233033/1/Impor-Listrik,-Bukti-Ketahanan-Energi-Jokowi-Hanya-Mimpi

PLN Targetkan Maret-April Proyek Pembangkit Listrik 35 Ribu Megawatt Bisa 'Groundbreaking'

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah terus mengupayakan agar proyek pembangunan pembangkit listrik berkapasitas 35 ribu megawatt bisa terealisasi.
Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir menyebut proyek tersebut akan dikerjakan tepat waktu.
"Semua dalam jadwal yang sudah benar, sudah jalan ya, mudah-mudahan sampai Maret-April ini sudah ada yang groundbreaking," ujar Sofyan Basir kepada wartawan, usai melaporkan perkembangan proyek tersebut ke Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, di kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2016).
Selengkapnya : http://www.tribunnews.com/bisnis/2016/01/28/pln-targetkan-maret-april-proyek-pembangkit-listrik-35-ribu-megawatt-bisa-groundbreaking

# IMPORT GARAM


Ini Sebab Indonesia Masih Impor Garam Hingga Saat Ini


Direktur Utama PT Garam (Persero), Usman Perdana Kusuma mengungkapkan, setidaknya ada 3 penyebab Indonesia masih menjadi negara importir garam.
Pertama, masa panen dan pengolahan garam di Indonesia relatif sangat singkat dan sederhana. Proses memanen garam oleh petani hanya dilakukan dalam waktu 4-8 hari, bandingkan dengan negara importir seperti Australia yang proses memanennya mencapai 3 sampai 4 bulan. Sehingga, kualitas garam Indonesia menjadi sangat rendah.
Petani garam yang mayoritas masih tradisional tidak melakukan beberapa tahapan pengolahan garam. Sedangkan negara industri garam, melakukan beberapa tahap untuk memperoleh garam kualitas tinggi (high grade).
“Industri punya 3 tahap jadikan garam kalau petani 1 tahap. Ketiga tahap ini untuk mendapatkan kualitas garam yang kuaitas high grade,” kata Usman, Senin (21/9/2015).
Kedua, korporasi dan petani garam belum memiliki teknologi pengolahan (refinery) untuk garam yang berkualitas rendah. “Refinery garam memproses garam kualitas rendah untuk menghasilkan garam dengan kemurnian 98%. Kadar magnesium dan kadar air diperkecil,” jelasnya.
Ketiga, kesulitan untuk mencari lahan baru. Indonesia memerlukan tambahan lahan baru di tepi pantai yang relatif luas, minimal 5.000 hektar yang terintegrasi. Saat ini, ladang garam masih terpusat di daerah Madura, Jawa Timur. Dengan mayoritas  sistem pengolahan yang masih sangat tradisional.
“Lahan nggak bisa terpecah dan harus terintegrasi. Kenapa? Dalam rangka mekanisasi agar biaya produksi kecil. Semua harus full mekanisasi,” jelasnya. (dtk/IM)

Tiga Daerah Jadi Sentra Garam

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki tiga wilayah penghasil garam yang layak menjadi sentra produksi garam. Tiga daerah tersebut adalah Mbay di Kabupaten Nagekeo, Teluk Kupang i Kabupaten Kupang dan Wewaria di Kabupaten Ende.
Sebelumnya, Wakil Menteri Perindustrian RI, Prof. Dr. Alex Retraubun, mengatakan, potensi lahan garam di Mbay, Kabupaten Nagekeo terbaik di Indonesia. Untuk itu, pemerinah daerah perlu mendorong agar produksi garam itu bisa sampai pada level ekspor.
"Jadi saya tegaskan garam Nagekeo dan lahan yang ada di sana adalah yang terbaik di bangsa kita, karena lahan itu memiliki kekhasan, yaitu selama tujuh bulan tidak ada hujan atau kemarau, sehingga sangat cocok untuk usaha industri garam," kata Alex.
Selengkapnya : http://indonesia.go.id/pemerintah-daerah/provinsi-nusa-tenggara-timur/2158-industri/9843-tiga-daerah-jadi-sentra-garam

# IMPORT BURUH

 

Ribuan Buruh Cina Masuk Indonesia, Ini Penjelasan Menaker  

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri membenarkan ada ribuan tenaga kerja asing dari Cina yang sudah masuk dan bekerja di Indonesia.  Berdasarkan data Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) yang diterbitkan Kementerian Ketenagakerjaan per Januari 2014  hingga Mei 2015  ada sedikitnya 41 ribu buruh asal Cina yang pernah mendapatkan izin kerja. Sampai akhir Juni 2015, Menteri Hanif memastikan ada 12 ribu buruh Cina di Indonesia
Selengkapnya : http://bisnis.tempo.co/read/news/2015/08/31/093696421/ribuan-buruh-cina-masuk-indonesia-ini-penjelasan-menaker

Dipimpin Jokowi, 43.085 buruh di PHK selama Januari-September 2015

 Data Kementerian Ketenagakerjaan mencatat, sepanjang Januari-September 2015 ada 43.085 buruh dipecat. Itu belum termasuk ribuan pekerja lainnya kini dirumahkan dan terancam di-PHK.
"Ada sekitar 6.496 pekerja terancam PHK, posisi saat ini dirumahkan," kata Direktur Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Kemenaker Sahat Sinurat seperti dilansir Antara di Jakarta, Senin (28/9).
Perlambatan pertumbuhan ekonomi dijadikan alibi penyebab terjadinya PHK. Kemenaker memperkirakan, jumlah buruh yang di-PHK sebenarnya jauh lebih besar dari angka tersebut. "Angka ini (adalah) angka yang dilaporkan ke Dinas Tenaga Kerja," tambah Sahat.
Selengkapnya : http://www.merdeka.com/uang/dipimpin-jokowi-43085-buruh-di-phk-selama-januari-september-2015.html

# IMPORT DAGING

 

Impor Sapi Meningkat, Jokowi Khianati Janji Kampanye?

Presiden Joko Widodo kembali membuat kontroversi kebijakan. Ketua Komisi VI DPR, Hafisz Tohir, menilai, kebijakan impor 262.000 sapi dari Australia melukai hati peternak sapi dalam negeri. Padahal, Presiden Joko Widodo berjanji Indonesia mampu menjadi produsen daging
Kementerian Perdagangan Indonesia berharap dapat menerbitkan izin untuk mengimpor 264.000 ekor sapi pada kuartal keempat tahun ini-sebuah peningkatan yang signifikan dari perkiraan awal sekitar 136.000 ekor.
Direktur Jenderal Kementerian Perdagangan, Partogi Pangaribuan menyatakan bahwa ditingkatkannya keran impor sapi dari Australia disebabkan situasi akhir tahun yang secara musiman akan meningkatkan permintaan daging. Hal ini juga ditujukan untuk meningkatkan simpanan untuk kuartal pertama tahun 2015.
Selengkapnya : https://www.selasar.com/ekonomi/impor-sapi-meningkat-jokowi-khianati-janji-kampanye

Swasembada Daging Sapi Sulit Tercapai

Pemerintah menargetkan swasembada daging sapi pada tahun 2019 sebesar 746.000 ton. Namun di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu ini target swasembada daging sapi akan sulit tercapai.
Ketua Persatuan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) Bustanul Arifin mengatakan, swasembada daging sapi mungkin baru terwujud pada tahun 2024. Perhepi telah melakukan analisa dan simulasi permintaan ketersediaan sapi dalam negeri.
Selengkapnya : http://membunuhindonesia.net/2015/09/swasembada-daging-sapi-sulit-tercapai/

# IMPORT LAIN-LAIN

 

Disadur dari berbagai sumber – silahkan di share

0 komentar:

ads_box ads_box ads_box ads_box ads_box ads_box
 

tags label all of artikel

10 fakta 10 fakta kematian 2 Mei 1998 88db.com 9 desember 9 Penemuan Muslim yang Menggoncang Dunia Aafia Siddiqui ac multi split ac split ac split carrier ac split murah ac split type Acuan untuk PEMILU 2014 versi @rezekizainal ade namnung ahmad dani Ahmad Dani Meninggal Dunia Aileen Wuornos air mineral aktifis mahasiswa Aktris Valia Rahma Meninggal Dunia Alat Skimming ali mochtar ngabalin alyssa soebandono alyssa soebandono n desta liburan Alyssa Subandono akui ciuman Aneh Tapi Nyata aneka kue basah aneka kue kering aneka roti Anne Grigg-Booth anti karat anti karat mobil anti korosi Apartemen StarCity Apartmen Apartment Arti Kemerdekaan Asal Muasal Paku di Kaki Safira Audit BPK Bakrie Bank Century Bank Indonesia best rent car bisnis rental mobil Blok Natuna bobol ATM Budi Rochadi Budi Sampoerna buku Membongkar Gurita Cikeas Burhanuddin Abdullah car rent car rental Cara Memilih Calon Isteri Cara Memilih Calon Istri Cara Memilih Calon Jodoh Cara Memilih Calon Pacar cara perbaikan komputer cari pacar cari teman Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia cheap rent car cina Circus compressor ac split curanmor Daftar Sejarah Hitam Indonesia daftar Systemic Important bank daihatsu danau antartika Danau Tidak Membeku di Antartika data kemiskinan Dealer Nissan Dealer Nissan Rambah Lombok Death Erection Demosntrasi Deputi Gubernur BI desta liburan dokter mata Domino Harvey Download buku Neo Liberalisme Mencengkram Indonesia Download buku politik Download Buku Resep e-ktp Ekonomi ektp entertainment facebook foto digital foto Nakal Nikita Willy foto pernikahan foto pre pernikahan foto pre wedding foto resepsi pernikahan Fraksi Demokrat Frankfurt Motor Show 2011 freon ac split friendster gambar pernikahan google google cina Gregory Biggs gus dur honda hotline fast food delivery contact hujan es Hujan Es Melanda Makkah Hutan Tropis ibu anak ibu dan anak Ilal Ferhard Indonesia infotainment Internasional Isi Selebaran Israel istri simpanan Jalur GAZA janji sby jasa poles marmer jasa servive spring bed Jenis Program dan Price List kasus century kawin Kebijakan Bailout Keluarga besar Keluarga Terbesar di Dunia kemiskinan kerusakan komputer kesehatan kesehatan mata Kode Rahasia HP kopi opal kriminal ktp kue kue lebaran Kumpulan Artikel Lal Bihari lantai marmer Lapindo Lautan terluas Lazarus Syndrome lensa mata Lima Merek Mobil Paling Laris di Indonesia lowongan pekerjaan LSM Bendera Mahasiswa makanan Mallarangeng Manson Woman marble renewal maria selena Maria Selena Puteri Indonesia 2011 Marylin the Colombian Assassin Maschalismos mekkah mencuci mobil Menggoncang Dunia menghilangkan karat meninggal dunia menjaga kesehatan mata Merek Mobil Mie Ayam mimpi demokrasi Mitos Seks Mitos Seks Remaja mobil mobil daihatsu mobil honda mobil indonesia Mobil Indonesia | Otomotif Indonesia | Oto Indonesia | Mobil Proton Indonesia | The Leader Indonesia Automotive Directory mobil nissan mobil suv mobil suzuki mobil toyota modif motor modif motor honda modif motor jupiter modif motor mio modif motor mx modif motor satria modif motor supra modif sepeda motor Mogok Makan Motor Show Munim Idris Nasrudin Necropolis negara indonesia negara terkaya Negara Terkaya Di Dunia Yang Luput Dari Perhatian Neo Liberalisme Mencengkram Indonesia NGO nieke bakery cake nikah Nikita Willy Nikita Willy Saat Dugem Beredar nissan nissan murano Nissan Rilis Mobil Baru nissan roxy Noyades opal cofee opal coffee Operasi Kelamin Otomotif Direktori paket foto pernikahan Palestina Pansus Century Para Remaja Partai Demokrat pasang ac split pasar mobil pasar mobil kemayoran pelajar jambi pembunuhan Nasrudin pemeliharaan komputer pemeriksaan mata Penawaran Iklan Pencurian Pulsa Pendiri Demokrat penduduk terbesar Penemuan Muslim Penetapan 1 Syawal Penetapan 1 Syawal Berpotensi Berbeda penglihatan mata pengobatan mata Penipu SMS Penipu SMS Keluarga Anda Kecelakaan Dibekuk Polisi penyewaan mobil perawatan komputer perbaikan komputer Perdana Menteri Italia perubahan jenis kelamin Perubahan Kelamin pest control exterminator pest extermination pest management pest management control pest management system Petani Ancam GP India PLN pns PNS 'Asal Absen dan Duduk' Banyak Makan Anggaran pns makan anggaran poles lantai poles marmer poles marmer granit Polisi Politik Pos Indonesia Posisi Duduk Mengemudi Presiden Center produk anti karat Program 100 Hari Pemerintahan SBY Program 100 kerja PT. Perusahaan Listrik Negara puisi puteri indonesia Rahasia Facebook rangkaian bunga Ranjau; paku; ranjau paku Rent Car rent cars rental mobil rental mobil bulanan rental mobil murah reparasi komputer Resep Cake Resep Dessert Resep kue Resep Kue Basah Resep Puding Resep Serba Cokelat Robert Tantular rumah Safety Coffin Sandra Avila Beltran sang pemimpi sejarah hitam sejarah indonesia serangan jantung service ac service ac split sewa kendaraan sewa mobil sewa mobil batam Silvio Berlusconi sistem ac split Skandal Century skimmer solusi komputer sondang hutagalung sosial Sri Mulyani Starcity Starcity Apartment suporter tewas susno suv SUV Lebih Aman Daripada Mobil Lain suzuki suzuki swift swift tabrakan tabrakan depan nissan roxy tahan karat Take Me Out indonesia tambal ban tambang Tempat Hiburan Tempat Hiburan Ekstrim tetes mata Tips tips membeli mobil toko bunga toko bunga mawar toko bunga online toko karangan bunga toko komputer toyota Toyota Noah toyota Voxy Transparency International Indonesia uang gratis Ulrike Marie Meinhof Utang negara UUD 45 Valerie Solanas valia rahma Vera Febyanthy Wanita Lebih Malas Mencuci Mobil Wanita Mencuci Mobil wedding photo www.mobil-indonesia.com yahoo YKKBI
Cetak | Percetakan | Design by Cetak Murah | Percetakan Murah - Percetakan Murah Jakarta | Partnership Mobil Indonesia- oleh Dunia Indah merdeka